Mengapa Air Mata Asin? Mengapa Air Telinga Pahit? Dan Air Liur Tawar?

Mengapa Air Mata Asin? Mengapa Air Telinga Pahit? Dan Air Liur Tawar?

In artikel 151 views

Pernahkah Anda bertanya, mengapa air mata saya asin? Mengapa air telinga saya pahit? atau mengapa pula air liur saya tawar-tawar saja?

Tidak banyak yang tahu atau menyadari keajaiban dari apa yang kita miliki: air mata, air telinga, dan air liur. Fakta ilmiah ini terkadang disepelekan, padahal ketiganya memiliki fungsi berlainan yang memang diciptakan demikiaan oleh sang Pencipta sehingga kita dapat hidup dengan sangat baik.

Air mata diciptakan asin karena memang kandungannya yang meliputi leusinenkefalin, adrenokortikotropik, dan prolaktin serta beberapa elektrolit, protein pengikat lemak dan Imunoglobulin A yang keseluruhannya menghasilkan rasa asin. Dimana fungsi utama dari keseluruhannya ialah menjaga kondisi mata agar tetap stabil. Protein pengikat lemak itu sendiri membuat lapisan terluar yang terdiri dari lapisan lemak yang fungsinya melindungi kelembaban mata tetap utuh.

Air telinga kita pahit, sebenarnya merupakan hasil sekresi dari kelenjar-kelenjar di dalam telinga yang bersifat basa dan lengket. Sekresi ini memungkinkan telinga yang mana lubangnya terbuka dan tanpa penutup itu bilamana termasuki oleh serangga ataupun makhluk kecil lain menjadikan mereka tidak tahan berlama-lama di dalamnya dan segera keluar dari telinga. Cairan yang cenderung lengket menjadikan benda-benda kecil yang masuk cenderung terperangkap dan dapat dikeluarkan sebagai kotoran telinga.

Air liur kita memang diciptakan tawar. Ini dikarenakan memang fungsi daripadanya yang berhubungan dengan rasa dari makanan yang kita makan. Dapatkah Anda bayangkan jika air liur kita berubah rasa? Sangat-sangat tidak mengenakkan sekali pasti di kala menyantap makanan. Ini pun pasti Anda rasakan ketika Anda sakit. Minum air tawar pun berasa pahit. Sangat tidak nyaman. Air liur mengandung enzim dan beberapa protein dan zat antibakteri. Pada waktu Anda sakit, kandungan dari air liur berubah sedemikian rupa sehingga komposisi daripadanya cenderung menghasilkan cairan yang agak basa. Inilah mengapa Anda merasakan rasa pahit saat sakit dan sangat tidak nyaman di kala menyantap makanan.

Itulah ke-3 fakta ilmiah mengapa air mata, air telinga dan air liur kita diciptakan demikian. Semestinya kita banyak bersyukur kepada Tuhan semesta alam yang telah memberikan kita anugrah yang begitu besar. Semoga bermanfaat.

banner 350x42


author
Author: 
    Tutorial Cara Menggabungkan Video Dan Subtitle Dengan MKVToolNix
    Tutorial Cara Menggabungkan Video Dan Subtitle Dengan MKVToolNix
    Admin kali ini akan membuat tutorial bagaimana
    Karakter Anime Manakah Yang Paling Mewakili “Cool Japan”?
    Karakter Anime Manakah Yang Paling Mewakili “Cool Japan”?
    Tokyo Polytechnic University melaporkan hasil penelitian terbaru
    Cara Mengatasi Printer Error Code E05 Canon MP258
    Selamat siang kawan-kawan.. apa kabarnya nih??saya akan
    RSS FEED Default Pada New Blogger (Beta)
    Selama ini nyata-nya masih banyak nyang belum

    Mengapa Air Mata Asin? Mengapa Air Telinga Pahit? Dan Air Liur Tawar?

    Leave a reply "Mengapa Air Mata Asin? Mengapa Air Telinga Pahit? Dan Air Liur Tawar?"

    Must read×

    Top